daftar isi

Jumat, 01 Juli 2011

Air Keran, 'Minuman Andalan' Restoran di Australia

Jakarta - Tak usah heran bila Anda berkunjung ke restoran Marque di Sydney, Australia. Restoran itu menyediakan air keran sebagai menu minuman. Bagaimana bisa?

Mark Best, pemilik sekaligus juru masak restoran itu memberlakukan peraturan agak mengesalkan pelanggannya. Tapi Best menekankan itu harus dipatuhi sebagai pemilik restoran yang bertanggung jawab pada perubahan iklim.

Best membeli alat yang membuat air keran menjadi layak diminum. Ia menawarkan air keran sebagai pengganti air mineral kemasan botol. Menurutnya, air itu bisa didinginkan dan dikarbonasi layaknya air kemasan.

Apabila ada pelanggan makan di restoran tersebut akan dikenai harga A$5 hanya untuk air mineral segelas, tapi bisa minum sepuasnya. Sedangkan untuk harga A$10 akan mendapatkan air 500 ml dalam kemasan botol.

Para pelanggan sempat protes. Mereka merasa restoran tak menghargainya dengan menyediakan air keran.

Namun Best punya jawaban, kenapa kalau konsumen minum air kemasan dalam botol, dengan membayar A$40 tidak ada yang protes.
Cara seperti ini telah membantu mengurangi jumlah botol air yang dihasilkan restoran.

Ia mengaku sengaja mendatangkan alat itu dari Italia dengan harga US$6.000. Ia mengaku bukan seorang politikus. Tapi ia berinisiasi mengurangi sampah botol sekaligus menjual air mineral yang ramah lingkungan. [mor]

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Templates | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Comparisons