daftar isi

Senin, 27 Juni 2011

Diabetes Semakin Merajalela

Jakarta - Jumlah penderita diabetes meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 1980. Paling banyak di Kepulauan Pasifik dan Arab.Sebuah studi menunjukkan, jumlah penderita diabetes di dunia meningkat. Peneliti memeriksa kadar glukosa dalam darah 2,7 juta orang dewasa, usia 25 tahun ke atas, di 199 negara.
Hasil perhitungan pada 2008 jumlah penderita diabetes sebanyak 350 juta orang. Sebagai perbandingan, pada 1980 jumlahnya mendekati 153 juta. Ini artinya dalam waktu tiga dekade, peningkatannya mencapai dua kali lipat. Hasil studi ini dipublikasikan di The Lancet, edisi 25 Juni 2011.
Diabetes adalah penyakit yang membuat tubuh tak mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Pada sebagian kasus, diabetes menyebabkan gagal ginjal dan kematian.
"Diabetes adalah salah satu penyebab kecacatan dan kematian di dunia," ujar Majid Ezzati, dari Center for Environment and Health at Imperial College in London.
"Peningkatan jumlah penderita diabetes berlawanan dengan kasus penyakit darah tinggi dan kolesterol, yang justru menurun di banyak negara," tambahnya.
Ezzati mengatakan, sebanyak 30% peningkatan ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup dan obesitas. Peningkatan penderita diabetes terbesar ada di kawasan negara-negara Pasifik dan Arab Saudi, sedangkan yang terendah ada di kawasan sub-Sahara Afrika. [mor]

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Templates | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Comparisons